Ini Alasan Mengapa Anda Harus Memaafkan


Begitu rapuhnya kita sebagai manusia, sehingga mustahil rasanya ada manusia yang tidak pernah melakukan salah. Entah itu disengaja atau tidak disengaja. Ya, melakukan kesalahan memang terasa tidak baik, bahkan tidak nyaman dirasakan. Namun ini adalah hal yang manusiawi. Pertanyaannya, apakah ada kata maaf yang Anda lewatkan ?

Anda pasti ingin dimaafkan ketika melakukan kesalahan, seburuk apa pun itu. Karena kita merasa pantas untuk dimaafkan, karena kita pun tahu bahwa kita menyesal. Ini pun adalah tindakan baik, karena hanya orang yang kesadaran dirinya baiklah yang mampu menyesali tindakannya, lalu doa baik ini pun dikabulkan. Pacar, Sahabat, Keluarga yang kita kecewakan akhirnya memaafkan kita.

Namun ketika hal sebaliknya terjadi, kita terasa sulit sekali memaafkan. Namun setiap kali rasa kesal dan sesak Anda rasakan, coba tahan beberapa detik saja emosi Anda untuk berkata seperti ini pada diri sendiri. 

"Aku pun pernah melakukan kesalahan. Dan tanpa diminta, ia lalu memaafkan kesalahanku. Maka aku pun harus memaafkannya akan kesalahan ini, karena ia pantas seperti aku pun yang ia pantaskan untuk diberi maaf".

Lalu bagaimana kalau kesalahannya berat? Atau Anda berkata kalau Anda bukanlah Tuhan Yang Maha Pengampun? 

Maka ingatlah manusia adalah satu-satunya makhluk yang bisa memberikan maaf, dan dalam kerapuhan sebagai manusia pun. Dia berikan pada kita kekuatan untuk mencintai sesama, ini adalah bentuk pengampunan-Nya kepada setiap manusia tanpa syarat. 
Ini Alasan Mengapa Anda Harus Memaafkan via @Kutipan_AndaTweet this!

No comments:

Post a Comment