Harga Sebuah Baju


Seorang lelaki kaya nan sombong berjalan di keramaian pasar. Seorang wanita paruh baya penjual minyak, dengan kendi di atas kepala, ember ditangan kanan, melintas di hadapan nya. Lelaki itu bertanya : "Wahai wanita, dagangan apa yang engkau bawa?",

Yang ditanya menjawab : "minyak tuan."

"Coba aku pingin lihat" lelaki itu berkata dengan nada suara datar.

Susah payah wanita paruh baya itu menaruh ember yang ia bawa lalu berusaha menurunkan kendi dan ..

"Tes .. tes " gemetar tangan si wanita membuat kendi berguncang, sedikit minyak tumpah , menetes mengenai baju lelaki itu.

Seketika amarah lelaki itu meledak tanpa belas kasihan ia menghardik wanita malang penjual minyak itu :

"Aku tidak terima, kau harus membayar bajuku yang engkau kotori ini "

"Maaf tuan, saya tidak sengaja, maafkanlah saya" wanita itu bersimpuh memelas & menghiba.

"Enak saja, tidak bisa! ayo bayar bajuku ini "bertambah tinggi suara amarah lelaki itu.

Tak berdaya dengan suara lirih wanita malang itu memberanikan diri bertanya

"Memangnya berapa harga baju tuan ini?"

"Baju ini harganya 1000 dinar .. ayo bayar!!!"

Kaget sekali wanita itu, ia menghiba "Dari mana uang sebanyak itu tuan? Saya ini wanita miskin"

Emosi dan kesombongan lelaki itu memuncak :

"Aaah, saya tidak mau tahu itu. Baju yang kau kotori ini harus kau bayar"

Pemandangan ini menyebabkan terhentinya langkah seorang lelaki muda. Ia lalu berdiri disisi wanita malang itu sambil berkata :

"Ini uang 1000 dinar, biar baju tuan yang mulia ini saya bayar "

Ia mengeluarkan kantung uang dari saku bajunya dan memberikannya pada lelaki jumawa yang lalu menerima dan menghitung uang 1000 dinar dgn mata berbinar.

Wanita itu berterimakasih berkali-kali pada lelaki muda dewa penolongnya itu.

Merasa uang yang ia inginkan sudah diperoleh laki-laki sombong itu segera melangkah pergi.

"Eeh nanti dulu " hardik lelaki muda itu.

"Ada apa lagi ?" balasnya ketus

Dengan tenang lelaki muda itu berkata : "Kan sudah saya bayar bajumu itu, sini berikan baju itu padaku, itu baju milikku "

Terbelalak mata lelaki sombong itu berkata: "Lha jadi saya berjalan di pasar ini telanjang bulat "

Ketus lelaki muda menjawab: " itu bukan urusan saya, bawa sini saya sudah bayar 1000 dinar. itu baju milik saya "

Orang-orang yang sedari tadi berkerumun dan geram dengan kelakuan si lelaki sombong rame-rame berteriak : "Ayo buka bajunya"

"Serahkan bajunya, itu bukan milikmu "

Merasa terpojok dengan suara memelas si sombong menundukkan kepala berkata pada lelaki muda : "ini ambil kembali uangmu ini. Aku tidak jadi menjual bajuku ini "

Laki-laki muda berkata : "Siapa bilang saya mau menjual baju itu? Saya tidak ingin menjualnya, sini serahkan bajuku"

Pucat pasi wajah si lelaki sombong, ia menghiba : "Tolonglah, jual kembali baju ini padaku"

Setelah memohon berkali-kali akhirnya laki-laki muda itu berkata : "Baiklah, tapi karena baju itu milikku. Aku tidak akan menjualnya kecuali dengan harga 2000 dinar"

Pahit dirasa ludah yang terpaksa ditelan laki-laki sombong itu demi mendengar omongan ini.

Dengan wajah yang tetap menunduk ia lalu merogoh koceknya 2000 dinar. Menyerahkannya pada lelaki muda dan secepatnya berlalu pergi diiringi riuh rendah suara sorakan orang-orang di pasar itu.

Laki-laki muda itu lalu mengulurkan uang 2000 dinar itu pada wanita penjual minyak yang sedari tadi masih terduduk bersimpuh di dekatnya.

"Ibu, ini hadiah dariku untukmu"

Barangsiapa meninggikan diri, ia akan direndahkan dan barangsiapa merendahkan diri, ia akan ditinggikan.

Harga Sebuah Baju via @Kutipan_AndaTweet this!

No comments:

Post a Comment