Kebaikan Kecil Berdampak Besar

Rainy Avenue of the Americas

(Foto: Rainy Avenue of the Americas)

Tono berjalan pulang dari sekolah suatu hari, ketika itu dia melihat satu pria di depannya tersandung dan menjatuhkan semua buku yang dibawanya, bersama dengan dua sweater, stik baseball, sarung tangan dan sebuah tape recorder kecil. Tono berlutut dan membantu si pria mengambil buku yang tersebar.

Karena mereka akan melalui jalan yang sama, si Tono membantu membawa sebagian beban dari si pria. Saat mereka berjalan, Tono mengetahui nama pria itu Budi, ia suka video game, baseball dan sejarah, dan ia memiliki banyak masalah dengan mata pelajaran lain dan dia baru saja putus dengan pacarnya.

Mereka tiba di rumah Budi, dan Tono diundang ke dalam rumah untuk berkunjung dan menonton televisi. Sore itu berlalu dengan canda tawa dan beberapa obrolan ringan, kemudian Tono pulang. Mereka terus bertemu di sekitar sekolah, makan siang bersama sekali atau dua kali, dan kedua lulus dari sekolah SMP. Mereka kemudian lulus dari SMA yang sama di mana mereka terus kontak selama bertahun-tahun. Akhirnya suatu hari Budi tanya Tono jika Tono punya waktu untuk berbincang-bincang.


Budi mengingatkan Tono, ketika mereka pertama kali bertemu. "Apakah kamu pernah bertanya-tanya mengapa aku membawa begitu banyak barang ke rumah hari itu?" Tanya Budi. "Kamu tahu, aku membawa semua barang dari loker sekolah karena aku tidak ingin meninggalkan kekacauan untuk orang lain. Aku telah mempersiapkan beberapa pil tidur ibuku dan aku akan pulang untuk melakukan bunuh diri. Tapi setelah kita menghabiskan waktu bersama-sama berbicara dan tertawa, aku menyadari bahwa jika aku telah membunuh diriku sendiri, aku akan kehilangan waktu dan banyak orang lain yang mungkin menjadi sahabatku. Jadi Ton, ketika kamu mengambil buku-buku hari itu, kamu sebenarnya melakukan lebih dari hanya sekedar membantu membawakan bukuku tapi kamu menyelamatkan hidup aku.

Walaupun kita melakukan kebaikan yang mungkin dipandang kecil, kita tidak pernah tahu sebesar apa dampak yang dapat dihasilkan dari kebaikan kita itu. Jadi jangan pandang rendah kebaikan kecil yang bisa Anda lakukan, selagi bisa lakukan kebaikan, lakukanlah sahabat.

Kebaikan Kecil Berdampak Besar via @Kutipan_AndaTweet this!

5 comments:

  1. sebuah kebaikan kecil dapat menyelamatkan nyawa seseorang...

    ReplyDelete
  2. Kebaikan yang menurut kita kecil namun dapat berarti besar bagi orang lain,
    Trim's .

    ReplyDelete
  3. kebaikan walau kecil/tak terduga akan membawa kebaikan bagi kehidupan orang lain

    nice story!!

    ReplyDelete
  4. Sekecil apapun kebaikan yang kita berikan, pasti akan mempengaruhi orang lain. :D

    ReplyDelete